Fraksi PSI Surabaya Mengkritisi Pelayanan Ambulans di Puskesmas

by -118 Views

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya mempertanyakan kualitas pelayanan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terkait fasilitas ambulans. Menurut Ketua Fraksi PSI, Tjutjuk Supariono, pelayanan ambulans di luar jam kerja masih kurang memadai dan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan layanan tersebut.

Tjutjuk menyadari perbedaan tenaga medis di setiap puskesmas, namun ia menegaskan perlunya menerapkan Key Performance Indicator (KPI) agar terpantau standar pelayanan di puskesmas. Menurutnya, hal ini sangat penting mengingat pentingnya pelayanan kesehatan yang merata dan bisa diakses oleh masyarakat.

Selain itu, Tjutjuk juga menyarankan agar Pemerintah Kota Surabaya menyediakan layanan ambulans 24 jam di setiap puskesmas. Ia juga mengusulkan agar puskesmas menambah jumlah driver ambulans untuk melayani kebutuhan masyarakat, terutama pada malam hari.

Dari sisi Pemkot Surabaya, Tjutjuk berharap agar pemerintah serius menangani persoalan pelayanan kesehatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas.

Artikel ini disusun oleh Lukman Hadi dan diedit oleh Imam Hairon.

Sumber: SUARA INDONESIA