Menteri Pemuda dan Olahraga Memberikan Penghargaan atas Kontribusi Prabowo dalam Pengembangan Sepak Bola

by -93 Views

Bekasi – Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketua Dewan Pembina Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Prabowo Subianto, atas dedikasinya dalam memajukan sepak bola tanah air ke tingkat internasional melalui Akademi Sepakbola Garudayaksa dan Nusantara Open 2023.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Prabowo Subianto karena olahraga kita tidak akan maju jika hanya dilakukan oleh satu pihak,” kata Menpora Dito dalam pembukaan Nusantara Open 2023 di Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Cisaat, Kertarahayu, Kab.Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/12).

“Saya sangat mengapresiasi bagaimana Akademi Sepak Bola Garudayaksa ini dibangun dengan penuh dedikasi. Saya rasa ini salah satu akademi terbaik di Indonesia,” tambah Menpora Dito.

Menurut Menpora Dito, Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa dan Nusantara Open 2023 merupakan bukti kerjasama yang kuat dan konkret antara pemerintah dan para pemangku kepentingan olahraga.

“Ini menjadi bukti bahwa jika semua pemangku kepentingan olahraga bersatu dan bekerjasama, maka kemajuan dalam hal pemerintah, PSSI, dan sektor swasta (Akademi Sepak Bola Garudayaksa) dapat tercapai,” jelas Menpora Dito.

Selain fasilitas sepak bola, Komplek Olahraga ini juga akan melengkapi dengan beberapa fasilitas tingkat dunia seperti kolam renang dan fasilitas pendidikan hingga perguruan tinggi.

“Saya juga mendengar bahwa akan dibangun fasilitas kolam renang tingkat dunia di sini. Saya sangat senang dan bangga karena ke depannya, selain sepak bola, kita juga memiliki potensi besar di cabang olahraga renang, menuju taraf olimpiade,” ujar Menpora Dito.

“Sekali lagi, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang besar atas dedikasi dan pengorbanan Bapak Prabowo Subianto bagi olahraga Indonesia. Kepada peserta, selamat bertanding dan tunjukkan sportivitas serta semangat yang tinggi,” tutup Menpora Dito.

Nusantara Open 2023, musim kedua untuk tahun 2023, secara resmi dibuka oleh Ketua Dewan Pembina Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Prabowo Subianto. “Dengan mengucapkan basmallah, saya nyatakan pertandingan Nusantara Open 2023 resmi dibuka. Terima kasih,” ucap Prabowo.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa transformasi sepak bola Indonesia tidak akan terjadi tanpa kerja keras bersama dari semua pemangku kepentingan. “Saya hadir di sini karena Pak Prabowo melihat sepak bola Indonesia bukan hanya sebagai kesempatan atau kepentingan pribadi, tetapi karena beliau benar-benar mencintai sepak bola dan sungguh-sungguh dalam berinvestasi di sepak bola,” ungkap Erick.

Turnamen sepak bola untuk kategori U-17, Nusantara Open 2023, diadakan mulai tanggal 14-21 Desember 2013 dengan diikuti oleh 16 klub peserta. Di antaranya adalah 11 klub tim Elite Pro Academy (EPA) Liga 1, seperti Persija, Persib, PSIS, Arema FC, Bali United, Borneo FC, dan PSM Makassar. Selain itu, ada juga PSS Sleman, Persis Solo, RANS Nusantara, dan Bhayangkara FC. Kelima klub lainnya adalah PSLS Lhokseumawe, Bintang Timur Atambua, Garudayaksa FA, Maluku Utara Selection, dan ASIOP Apacinti.

Hadiah total yang disediakan dalam turnamen ini mencapai Rp 2,5 miliar. Juara I akan mendapatkan Rp 1 miliar, Juara II sebesar Rp 750 juta, sementara Juara III dan IV masing-masing sebesar Rp 250 juta. Pada musim ini, Ketua Dewan Pembina akan memberikan dana pembinaan kepada semua klub peserta. Tak hanya itu, pemenang turnamen ini juga akan mendapatkan pengalaman bermain di Aspire Academy Qatar, salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia. Bersama dengan runner up Nusantara Open 2022, PSLS Lhokseumawe, dan Timnas U-20 dibawah bimbingan Indra Sjafri. (SENOPATI)

Sumber: kemenpora.go.id