725 Personel Gabungan Siap Dikerahkan untuk Memastikan Keamanan Natal dan Tahun Baru di Banyuwangi

by -93 Views

Gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dilaksanakan di Mapolresta Banyuwangi pada hari Kamis, 21 Desember 2023. Sebanyak 725 personel gabungan dari unsur Polri, TNI, dan Linmas, serta Brimob dikerahkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Banyuwangi. Apel gelar pasukan ini juga bertepatan dengan dimulainya Operasi Lilin Semeru 2023.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, mengonfirmasi bahwa pengamanan melibatkan personel yang ditempatkan di 13 pos pengamanan, serta satu pos terpadu di Pelabuhan ASDP Ketapang. Operasi pengamanan akan berlangsung ketat mulai dari hari ini hingga 2 Januari 2024, mencakup titik-titik rawan seperti arteri jalan, obyek vital seperti Pelabuhan Ketapang, tempat wisata, gereja pada perayaan Natal, dan pusat keramaian untuk merayakan pergantian tahun.

Upaya ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada masyarakat yang merayakan momen istimewa ini. Selama pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023, masyarakat dapat memanfaatkan Pos Terpadu yang menyediakan berbagai fasilitas mulai dari pelayanan kesehatan, pemantauan CCTV kemacetan, pusat informasi, hingga lokasi istirahat wisatawan. Pos pengamanan didirikan di titik-titik rawan, seperti titik rawan kemacetan di Jalur Gumitir yang dipantau dan dilengkapi dengan rekayasa lalu lintas serta pemasangan rambu pemantul cahaya penanda lokasi atau ‘mata kucing’.

Pengamanan khusus di obyek vital, seperti Pelabuhan Ketapang dan tempat wisata, Polresta Banyuwangi dibantu oleh personel dari Brimob. Pos pengamanan juga tersedia di setiap tempat yang dianggap rawan, untuk keperluan kontinjensi serta pengamanan di obyek vital.

Pewarta: Muhammad Nurul Yaqin
Editor: Imam Hairon