Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan di Kelurahan Sidoarjo Krian

by -99 Views

BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Krian melakukan sosialisasi program manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan di Kelurahan Tambakkemerakan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Krian, Godlief CH Kumendong, Lurah Tambakkemerakan, Bambang Supriyanto, dan 100 warga kelurahan setempat.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo, Novias Dewo Santoso menyampaikan bahwa program jaminan sosial ketenagakerjaan bertujuan untuk memberikan kenyamanan bekerja bagi semua pekerja yang ada di ekosistem desa. Pemerintah desa dan lembaga desa, seperti BPD, LKD, LAD, BUMDes, pekerja mandiri, dan rentan juga termasuk dalam ekosistem desa yang dilindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

Program jaminan sosial ketenagakerjaan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan antara lain JKK, JKM, JHT, dan JP. Seluruh ekosistem desa/kelurahan diwajibkan untuk terlindungi melalui program ini dengan pembayaran iuran dari keuangan desa sesuai dengan amanat Permendagri 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, juga disampaikan manfaat dari program-program BPJS Ketenagakerjaan, seperti santunan bagi ahli waris jika pekerja mengalami kecelakaan kerja, beasiswa untuk anak-anak peserta yang meninggal dunia, dan santunan JKM untuk ahli waris jika pekerja meninggal dunia tanpa kaitan dengan pekerjaan.

Editor: Satria Galih Saputra.