Sumber Daya Manusia di prabowo2024.net

by -101 Views

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan jumlah populasi yang besar, dengan sebagian besar berada di usia produktif.

Pada tahun 2022, usia median penduduk Indonesia adalah 29 tahun, menunjukkan mayoritas penduduk Indonesia adalah anak muda yang energik dan produktif.

Negara juga memiliki budaya yang menghargai institusi pernikahan dan keluarga. Meskipun pertumbuhan penduduk negara lain telah di bawah 1%, pertumbuhan penduduk Indonesia masih di atas 1% per tahun, tepatnya 1,08% per tahun.

Dengan populasi sekitar 280 juta orang, pertumbuhan penduduk setiap tahun mencapai 1,08%, atau sekitar 3 juta manusia baru. Jumlah ini setara dengan melahirkan 3 kota Bogor setiap tahun.

Namun, seperti negara-negara lain, pertumbuhan penduduk cenderung menurun seiring dengan peningkatan kesejahteraan. Menurut Bappenas, laju pertumbuhan penduduk Indonesia diproyeksikan akan turun menjadi 0,43% pada tahun 2045.

Oleh karena itu, meskipun Indonesia memiliki banyak penduduk yang sebagian besar adalah anak muda produktif, potensi ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebelum Indonesia menghadapi penuaan penduduk seperti yang terjadi di Jepang saat ini.