Pedagang di Jombang Mengeluh Omzet Penjualan Menurun karena Harga Daging Ayam Broiler yang Naik

by -85 Views

Pedagang di Pasar Citra Niaga Jombang, Jawa Timur mengeluh atas naiknya harga ayam broiler menjelang akhir tahun. Harga ayam broiler naik mencapai Rp 3.000 per kilogramnya. Hal ini menyebabkan sepinya pembeli dan omzet penjualan menurun.

Menurut pedagang Siti Khotimah, harga daging ayam broiler terus merangkak naik setiap masuk Natal dan tahun baru. Satu bulan lalu, harga daging ayam broiler adalah Rp 28 ribu per kg, kemudian naik menjadi Rp 30 ribu per kg dan terakhir menjadi Rp 32 ribu per kg.

Karena kebutuhan pangan lainnya juga naik, penjualannya menjadi sepi. Biasanya, dia mampu menjual satu kwintal daging ayam per hari, namun sekarang hanya mampu menjual 40 kg saja. Untuk meminimalisasi kerugian, kadang-kadang dia menjual sisa ayamnya tanpa mengambil untung.

Hal serupa juga dialami oleh Saka, penjual daging ayam di Pasar Cukir. Harga daging ayam broiler dari peternaknya juga naik, sehingga harga jualnya di pasaran naik menjadi Rp 32 ribu per kg.

Jika harga daging ayam terus naik hingga mencapai Rp 35 ribu per kg, mereka akan mengalami kesulitan dalam menjual. Ini menandakan bahwa harga ayam kemungkinan akan naik lagi.

Artikel ini disusun oleh Gono Dwi Santoso dan diedit oleh Mahrus Sholih.