Potensi Pasar Domestik di Indonesia – prabowo2024.net

by -92 Views

Dengan penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta orang, dan sekitar 20% dari populasi tersebut merupakan bagian dari kelas menengah, atau sekitar 50 juta orang, Indonesia menjadi pasar yang sangat besar dan menarik.

Dengan jumlah yang demikian besar, hampir semua industri bisa berkembang dengan pesat hanya dengan menjual produk dan jasanya di pasar Indonesia. Sebagai contoh, setiap orang Indonesia membutuhkan pakaian. Jika 50 juta orang membeli satu celana setiap tahun dengan harga Rp. 100.000, maka bisnis pakaian saja sudah mencapai Rp. 5 triliun. Dengan margin keuntungan 10%, maka keuntungan yang didapat mencapai Rp. 500 miliar. Ini hanya contoh untuk produk celana saja, belum termasuk pakaian lainnya.

Dengan pasar domestik yang begitu besar, banyak perusahaan asing berlomba-lomba untuk masuk dan menjual produk mereka di pasar Indonesia. Konsumsi rumah tangga mencapai 52% dari PDB Indonesia yang mencapai USD 1,3 miliar atau sekitar Rp. 19.588 triliun pada tahun 2022. Sementara itu, konsumsi pemerintah hanya menyumbang 9% dari PDB Indonesia, dan ekspor baru mencapai 25% dari PDB Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh konsumsi rumah tangga. Peluang untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga ini sangat besar, seperti dalam hal konsumsi protein per kapita yang masih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju, dan konsumsi listrik per kapita yang juga masih rendah.

Peningkatan konsumsi protein harus berasal dari produk dalam negeri, seperti peternakan sapi perah, peternakan telur, pembudi daya ikan, dan nelayan serta petani Indonesia. Begitu juga dengan pembangunan pembangkit listrik yang harus sebisa mungkin menggunakan sumber terbarukan dan tenaga ahli dalam negeri.

Pemerintah harus memastikan bahwa produk dan jasa yang dijual di Indonesia juga mampu bersaing dengan produk asing, tanpa meninggalkan kemampuan industri dalam negeri untuk berkembang. Kualitas produk-produk Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan produk asing, seperti halnya sepeda, kapal laut, senjata, dan mobil jeep buatan Indonesia yang sudah mampu bersaing di pasar internasional.

Sumber link: Ini