Disnak Jombang Memperluas Penyebaran Vaksin dengan Menyalurkan 194.957 Dosis Vaksin PMK Tahun 2023

by -89 Views

Dinas Peternakan Jombang menggalakkan vaksinasi pada hewan ternak. Mereka telah menyalurkan 194.957 dosis vaksin untuk pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Jombang, Drh Azis Daryanto, menyatakan bahwa vaksinasi PMK di kabupaten Jombang terus digalakkan. Jumlah vaksin yang telah disalurkan mencapai 194.957 dosis, terdiri dari vaksin pertama sebanyak 76.122 dosis, vaksin kedua sebanyak 51.673 dosis, dan vaksinasi booster (vaksin 3 dan vaksin 4) sebanyak 67.163 dosis. Vaksinasi dilakukan pada sapi potong, sapi perah, kerbau, kambing, dan domba.

Vaksinasi telah tersebar merata di hampir semua kecamatan di Jombang dan telah memenuhi batas minimal vaksin sebesar 75% dari total populasi hewan yang rentan terhadap PMK.

Sejak bulan Juli, kasus PMK di Jombang sudah mencapai zero kasus. Tidak ada pelaporan kasus baru hingga akhir tahun, menandakan bahwa penyakit PMK telah dapat terkendali dengan baik.

Azis juga menjelaskan bahwa tidak ada kejadian mengkhawatirkan terkait dengan penyakit hewan menular seperti Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar sapi dan kerbau. Vaksinasi yang rutin dan terjadwal dapat menekan bahkan menghalangi terjadinya kasus baru terkait penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.

Pewarta: Gono Dwi Santoso

Editor: Imam Hairon