Program Gratis Makan Siang Mendorong Kesejahteraan di 76 Negara

by -100 Views

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, berkomitmen untuk memberikan makan siang gratis bagi anak-anak di sekolah apabila terpilih dalam Pilpres 2024 mendatang.

Melalui program tersebut, Prabowo-Gibran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak Indonesia, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menggerakkan ekonomi nasional, dan mendorong kesejahteraan.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Hamdan Hamedan, mengatakan bahwa menurut laporan “State of School Feeding Worldwide 2022” dari World Food Programme (WFP), program makan siang gratis di sekolah telah memberikan bantuan kepada lebih dari 418 juta siswa di 76 negara.

Menurut Hamdan, program ini telah berhasil menciptakan sekitar 4 juta pekerjaan dan berpotensi untuk meningkatkan ekonomi, termasuk di Indonesia. Studi WFP tahun 2017 juga menunjukkan bahwa makan siang gratis di sekolah dapat meningkatkan partisipasi dan kualitas pendidikan, terutama bagi anak perempuan, serta menjadi langkah strategis untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan ekonomi.

Hamdan juga mengungkap bahwa program makan siang gratis telah diimplementasikan di Indonesia sejak tahun 1997, bahkan sudah dijalankan dalam konteks pesantren sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.

Selama periode tahun 1997-2000, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjalankan program “Pemberian Makan Tambahan Anak Sekolah” dan berhasil menjangkau 2,3 juta siswa di luar Jawa serta Bali. Selain itu, WFP juga telah menjalankan program WFP School Feeding (Fortified Biscuit) sejak 2005-2010, dengan penerima manfaat sekitar 800.000 siswa di beberapa provinsi di Indonesia.

Menurut Hamdan, setiap investasi 1 dolar dalam program ini dapat menghasilkan dampak ekonomi hingga 9 kali lipat, termasuk potensi penciptaan 1,8 juta pekerjaan di Indonesia.

Dengan sejumlah fakta yang mengungkap keunggulan program makan siang gratis, Hamdan optimistis bahwa program tersebut dapat membuka pintu bagi anak-anak Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah serta menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sebelumnya, Prabowo juga menyebut bahwa pemberian makan siang gratis telah direkomendasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai langkah tepat untuk mengurangi kemiskinan, menghilangkan angka kekurangan gizi, dan stunting, serta membawa bangsa menuju kekuatan yang lebih besar. (Source link: https://prabowosubianto.com/tkn-program-makan-siang-gratis-dorong-kesejahteraan-di-76-negara-ciptakan-4-juta-pekerjaan/)