Satpol-PP Jombang Menggaruk Delapan Pengemis dan Pengamen Jelang Akhir Tahun

by -106 Views

Petugas Satpol PP Jombang melakukan razia terhadap pengemis dan pengamen di Jombang, Jumat (29/12/2023). Dalam razia tersebut, petugas berhasil mengamankan delapan pengemis dan pengamen jelang akhir tahun 2023.

Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Jombang, Moh Supakun, menyatakan bahwa razia dilakukan di sekitar perkotaan karena masih banyak laporan terkait keberadaan para pengemis dan pengamen yang masih beroperasi di persimpangan jalan. Di antara tempat yang menjadi target razia adalah Jalan Dokter Wahidin Sudirohusodo dan persimpangan jalan di perlintasan rel kereta api jalan KH Hasyim Asy’ari.

Supakun juga menyatakan bahwa sebagian besar pengemis dan pengamen bukan warga asli Jombang, dan untuk memberikan efek jera, petugas berhasil mengamankan pengamen gitar. Barang bukti tersebut akan dikembalikan setelah dibuatkan surat pernyataan oleh kepala desa tempat tinggal mereka untuk tidak mengulangi lagi.

Setelah dilakukan pendataan dan pembinaan oleh petugas, delapan pengemis dan pengamen itu kemudian diserahkan ke dinas sosial untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut. (Gono Dwi Santoso)