Potensi Kejadian Cuaca Ekstrem Masih Ada pada Bulan Januari

by -114 Views

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi cuaca ekstrem masih akan terjadi pada Januari 2024. Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, BMKG terus melakukan pembaruan monitoring kondisi cuaca.

“Berdasarkan analisis terkini, diidentifikasi hingga sepekan ke depan, terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah,” kata Guswanto dalam keterangan tertulis, Kamis (4/1/2024).

Guswanto memperkirakan, sekitar 3 hingga 10 Januari 2024 perlu diwaspadai potensi hujan lebat di sebagian wilayah. Sejumlah wilayah itu antara lain, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Selain itu, di sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan di Jabodetabek, BMKG memperkirakan potensi hujan dengan intensitas lebat pada siang hingga menjelang malam hari. Misalnya di sebagian wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang bagian selatan, dan Kabupaten Bekasi bagian selatan.

Sedangkan potensi hujan lebat pada malam hingga dini hari diperkirakan terjadi di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur bagian utara, Jakarta Barat bagian utara, Kabupaten Bekasi bagian utara dan Kabupaten Tangerang bagian utara.

“BMKG mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan,” ujar Guswanto.

Ia menambahkan, khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir, agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem.

Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail hingga level kecamatan dapat diakses lebih lengkap di apps @InfoBMKG dan website https://bmkg.go.id.(*)

Pewarta: Heri Suroyo
Editor: Mahrus Sholih