Event Seru! Karapan Sapi se-Madura 2024 Akan Digelar di Sumenep

by -115 Views

Kerap sapi se-Madura Bupati Sumenep 2024, digelar secara meriah di Lapangan Karapan Bluto, Kecamatan Bluto Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (06/01/2024). Itu sekaligus menjadi karapan sapi perdana di tahun 2024.

Kegiatan yang menjadi bagian dari Sumenep Calendar of Event 2024 tersebut diikuti 128 pasang sapi se Madura. Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

Karapan Sapi ini merupakan salah satu cara Pemkab Sumenep dalam mengenalkan, menjaga, merawat, dan melestarikan budaya Madura.

Karapan sapi termasuk salah satu jenis kesenian, olahraga, atau permainan tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Madura.

“Karapan sapi menjadi ajang rutin setiap tahun,” kata Cak Fauzi sapaan akrabnya.

Diketahui, karapan sapi se Madura ini akan berlangsung selama dua hari. Terhitung sejak tanggal 6-7 Januari di lapangan Bluto. Hari ini, diikuti sebanyak 48 pasang sapi. Selanjutnya, sisa dari sebelumnya yang belum berlomba.

Sebelum Karapan sapi dimulai, pasangan-pasangan sapi diarak untuk melemaskan otot-otot sapi, proses ini menjadi arena pamer keindahan pakaian dan hiasan dari sapi yang berlomba. Setelah parade selesai, barulah pakaian dan seluruh hiasan dibuka.

Setelah itu, lomba pertama dimulai untuk menentukan klasemen peserta. Pada babak ini, peserta akan mengatur strategi agar sapi pacuan mereka masuk ke kelompok atas agar pada babak selanjutnya yakni penyisihan bisa berlomba dengan sapi pacuan kelompok bawah.

Kemudian ada babak penyisihan pertama, kedua, ketiga, dan keempat atau babak final. Dalam babak penyisihan ini, permainan memakai sistem gugur. Jadi, sapi-sapi pacuan yang sudah kalah tidak bisa mengikuti pertandingan babak selanjutnya.

Sedangkan sapi pacuan yang menjadi pemenang akan berhadapan lagi dengan pemenang dari pertandingan lainnya.

“Semoga pelaksanaan karapan sapi ini berjalan dengan lancar dan semua peserta harus bisa suportif,” pungkas Bupati.

Pewarta: Wildan Mukhlishah Sy
Editor: Mahrus Sholih