Resmi Digelar Karapan Sapi Bupati Sumenep Cup, UMKM Panen Untung

by -117 Views

Salah satu stan UMKM di acara Kerapan Sapi Bupati Sumenep Cup. Foto: Wildan/suaraindonesia
SUARA INDONESIA, SUMENEP- Karapan Sapi Bupati Sumenep Cup, yang resmi digelar di Lapangan Kerap Bluto, Sumenep, Jawa Timur, rupanya tak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat, tapi juga kepada para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah sekitar, Sabtu (06/01/2024).

Pasalnya, para pelaku UMKM yang menjajakan jualannya di event Karapan Sapi di Madura itu, mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan hari biasanya.

Puluhan UMKM terlihat berjejer rapi di luar lapangan karapan, mulai dari pintu masuk area start hingga finish. Produk yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari olahan makanan hingga pakaian.

Tak hanya warga lokal, pelaku UMKM di salah satu rentetan Calendar of Event Sumenep 2024 tersebut juga ada yang berasal dari luar Sumenep, seperti Pamekasan.

Salah seorang pelaku UMKM Ahmad mengungkapkan rasa syukurnya atas kegiatan yang digelar oleh Pemkab Sumenep itu. Menurutnya, beberapa saat sebelum acara dimulai, standnya ramai oleh pembeli.

Dengan begitu, dia mengaku sama sekali tidak menyesal harus bangun lebih awal untuk mempersiapkan jualannya. Dia berharap agar gelaran serupa lebih sering diadakan, karena sangat membantu para pelaku UMKM.

“Tadi sepi, tapi alhamdulillah beberapa saat setelah itu ramai pembelinya. Jadi saya tidak rugi harus bangun pagi, nyiapin ini semua mas,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyatakan, selain menyajikan konsep yang berkualitas, Calendar of Event 2024 juga harus memaksimalkan keterlibatan UMKM.

Dia mengakui, potensi perputaran roda perekonomian melalui pelaksanaan event-event memang cukup besar.

Kata Bupati, gelaran Calendar of Event tidak hanya menjadi upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam mengenalkan potensi wisata dan budayanya, tapi juga untuk mendorong sektor ekonomi di Kota Keris.

“Saya kira UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian di Sumenep,” ucapnya.

Untuk itu, ia berharap kepada panitia agar selalu memberikan ruang sebesar-besarnya kepada UMKM yang ingin ikut memeriahkan kegiatan tersebut. “Jadi saya harap, keterlibatan UMKM di Calendar of Event 2024 ini semakin banyak dan luas,” tandasnya.

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Wildan Mukhlishah Sy
Editor: Mahrus Sholih