Hujan Deras Merusak 54 Rumah di Sumenep Selain Tiang Listrik

by -133 Views

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Selasa (09/01/2023) telah menyebabkan 54 bangunan rusak ringan hingga parah, termasuk Balai Desa Nambekor, Kecamatan Saronggi. Data dari Humas Polres Sumenep menunjukkan bahwa mayoritas kerusakan terjadi pada atap rumah, baik genting maupun asbes. Selain itu, angin kencang dan hujan deras juga menyebabkan satu pohon cemara udang tumbang dan belasan tiang listrik roboh, sehingga menghalangi jalan raya setempat.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumenep, Akh. Taufik, menyebutkan bahwa sebanyak 30 rumah mengalami rusak ringan, sedangkan 24 lainnya mengalami rusak berat. Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Kartini dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nambakor 1 juga mengalami kerusakan berat pada atap bangunan berupa genting. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

BPBD Sumenep dan berbagai instansi terkait, termasuk PLN, telah melakukan proses evakuasi material yang menghalangi arus lalu lintas. PLN ULP Sumenep juga memastikan bahwa pemadaman listrik hanya akan terjadi sementara, tidak dalam jangka waktu lama.

Dalam melaporkan kejadian ini, pewarta Wildan Mukhlishah Sy, dan editor Mahrus Sholih.