Prabowo Gagas Pilot Project Rumah Panggung dan Terapung di Pantura, Digarap oleh Unhan

by -93 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah mengusulkan dan menginstruksikan Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk melaksanakan pilot project pembuatan rumah panggung dan terapung guna mengatasi kesulitan masyarakat yang menghadapi tantangan permukaan air tinggi.

“Saya telah menugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan pilot project dalam pembuatan pemukiman murah di kawasan yang terendam air,” ujar Prabowo saat menjadi pembicara utama dalam seminar nasional dengan tema ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, pada Rabu (10/1).

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan bahwa dengan bantuan dari PT PAL, PT Len, dan para insinyur dari Universitas Pertahanan, saat ini telah ditemukan dua prototipe rumah terapung dengan harga sekitar Rp130 juta.

“Kita sudah menemukan prototipe dibantu oleh PT PAL ahli kapal dan PT Len dengan para insinyur dari Universitas Pertahanan. Kita menemukan 2 prototipe, rumah terapung yang nilainya 130 juta rupiah per rumah. Sudah termasuk panel tenaga surya, dan septic tank. Jadi rumah tersebut dapat hidup tanpa tergantung PLN dan dengan sanitasi yang bersih,” kata Prabowo.

Proyek pembuatan prototipe tersebut sudah dimulai. Menurut Prabowo, pihaknya menganggarkan sebesar Rp150 juta. Ia berharap dengan adanya program ini, masyarakat Indonesia yang tinggal di Pantura dapat hidup dengan layak.

Prabowo juga menyebut bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan juga telah melakukan program serupa dengan pembuatan desa nelayan. Ia juga berharap dapat ada replikasi program serupa di beberapa wilayah lainnya.

“Dan tentunya saya berharap para tokoh, pengusaha, dan lainnya yang ingin membantu, bisa ikut dalam proyek ini. Saya juga mendorong kementerian-kementerian lainnya untuk ikut mendukung dengan regulasi dan sebagainya, agar kita dapat segera mengubah kualitas hidup rakyat kita,” tutup Prabowo.

Prabowo juga mendukung realisasi giant sea wall di Pantura bersama menteri lainnya untuk mencegah warga terdampak banjir rob.

“Kita harus mengumpulkan para ahli terbaik bangsa. Percepat pembangunan giant sea wall,” ujarnya. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/prabowo-gagas-pilot-project-rumah-panggung-dan-terapung-di-pantura-digarap-oleh-unhan/

Source link