Pesawat C-130J-30 Super Hercules Keempat Diserahkan ke TNI AU: Komitmen Penguatan Pertahanan Negara

by -89 Views

Presiden Jokowi mencanangkan pesawat ini membantu keperluan perang maupun non-perang
Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa pesawat ini mampu mengangkut 120 prajurit dan sekitar 20 puluh ton yang sangat cocok untuk negara kepulauan seperti Indonesia.
Pesawat Super Hercules juga mampu melewati landasan pendek yang cukup cocok dengan keadaan beberapa bandara di Indonesia dan bisa terbang selama 11 jam nonstop.
Menhan Prabowo Subianto menekankan bahwa penyerahan Super Hercules ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan pertahanan udara Indonesia.
Pesawat C-130J-30 Super Hercules merupakan pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya, dengan teknologi glass cockpit dan mesin Rolls Royce AR2100D3 Turboprop.
Dalam upaya ini, Kementerian Pertahanan berhasil menyelesaikan program pengadaan lima pesawat C-130J-30 Super Hercules, termasuk suku cadang, dukungan darat, dan program pelatihan untuk penerbang dan teknisi.
Pesawat C-130J-30 Super Hercules telah terbukti sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia, dengan wilayah yang luas dan banyak landasan pendek.

Source link