Esai Prabowo Subianto: Saya adalah Tim Presiden Joko Widodo dan akan Lanjutkan Kebijakan Beliau

by -84 Views

Indonesia bertekad untuk menjadi negara yang kuat dan terhormat serta disegani di mata bangsa-bangsa lain. Cita-cita tersebut telah tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yang mencakup melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Namun, dalam kurun waktu mendekati 100 tahun kemerdekaan Indonesia, masih terdapat ketimpangan ekonomi yang tinggi, banyak warga negara yang hidup dalam kemiskinan atau terancam jatuh miskin.

Seharusnya dengan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki Indonesia, negara ini tidak seharusnya hidup dalam ketimpangan dan kemiskinan. Untuk mencapai cita-cita para pendiri bangsa, diperlukan pembangunan ekonomi, politik, kesejahteraan rakyat, dan pertahanan yang berkesinambungan. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) telah ditargetkan mencapai “Indonesia Emas” di tahun 2045 dengan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di angka 6% hingga 7%.

Dalam upaya mencapai cita-cita bangsa, Presiden Joko Widodo telah mengimplementasikan program-program jaring pengaman sosial, seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Sembako, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kebijakan Presiden Jokowi melarang ekspor bahan mentah sejalan dengan Ayat 3, Pasal 33, UUD 1945 yang memperhatikan kekayaan alam demi kemakmuran rakyat.

Pencapaian ekonomi Indonesia juga dapat dilihat dari sejumlah indikator, seperti peningkatan panjang jalan tol, pembangkit listrik, jalan umum, kapasitas bendungan, bandara, dan pelabuhan. Selain itu, terjadi peningkatan GNI per kapita, penurunan tingkat kemiskinan, persebaran pembangunan yang semakin merata, dan peningkatan program kesejahteraan sosial.

Pencapaian di era Presiden Jokowi telah melanjutkan dan memperkuat pembangunan yang telah dimulai sebelumnya oleh para pemimpin negara. Capaian-capaian tersebut menjadi fondasi kuat bagi pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia menuju cita-cita sebagai negara yang kuat, terhormat, dan sejahtera. Menjadi negara yang disegani oleh bangsa-bangsa lain karena rakyatnya hidup sejahtera dan berkontribusi positif pada kehidupan bangsa-bangsa lain adalah tujuan yang harus terus dikejar. Semoga Indonesia dapat terus berkembang sebagai negara yang maju dan sejahtera.

Source link