Cek Fakta Film Dirty Vote

by -86 Views

🧐 Katanya: “Bansos, terutama beras, bertebaran pada awal 2024 karena kecurangan dari pihak 02.”
😊 Faktanya: Pada akhir 2023, Indonesia mengalami musim kering El Nino yang menyebabkan jadwal panen raya 2024 mundur 2 bulan ke bulan April / Mei. Sehingga, pembagian bansos di awal 2024 disebabkan oleh kekurangan stok beras akibat mundurnya jadwal panen.

🧐 Katanya: “Bansos hanya untuk kepentingan Pemilu.”
😊 Faktanya: Program bansos (Bantuan Langsung Tunai, bantuan beras, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat) merupakan cara efektif untuk mengurangi kemiskinan dan beban hidup masyarakat. Oleh karena itu, program ini selalu ada setiap tahun dan diberikan setiap bulan.

🧐 Katanya: “Aturan pemilihan Penjabat Gubernur, Bupati & Wali Kota oleh Presiden adalah kecurangan.”
😊 Faktanya: Aturan pemilihan Penjabat Kepala Daerah oleh Presiden (UU 10/2016) disetujui oleh partai politik pengusung 01 & 03 di DPR untuk mengisi kekosongan jabatan sebelum Pilkada serentak pada November 2024.

🧐 Katanya: “Kepala Daerah diminta oleh pak Jokowi untuk mendukung 02.”
😊 Faktanya: Tidak ada bukti yang mendukung klaim ini. Sebaliknya, terdapat bukti bahwa Badan Intelijen Negara (BIN) meminta Kepala Daerah untuk mendukung 03.

🧐 Katanya: “Gibran, usia 36 tahun, bisa menjadi Cawapres dan melanggar konstitusi.”
😊 Faktanya: UUD 1945 hanya mengatur bahwa Calon Presiden / Wakil Presiden harus WNI sejak lahir, tidak pernah melakukan pengkhianatan terhadap negara, dan mampu secara rohani dan jasmani. UUD 1945 tidak mengatur batasan usia minimal atau maksimal untuk Calon Presiden / Wakil Presiden.

🧐 Katanya: “Pembentukan 4 Provinsi baru di Papua bertujuan untuk memuluskan kemenangan 02 dalam putaran pertama.”
😊 Faktanya: Pembentukan UU Provinsi baru di Papua adalah aspirasi daerah dan disepakati oleh semua partai politik di DPR, termasuk para pengusung 01 dan 03.

Sesuai dengan anjuran dari pak Prabowo: Mari kita tanggapi hoaks dengan senyuman dan pencerahan. 😊😊😊 (SENOPATI)
Sumber: Kelompok Kerja Transformasi Bangsa
Sumber: https://prabowosubianto.com/cek-fakta-film-dirty-vote/

Source link