Angin Kencang Melanda Blitar, Sebuah Rumah Warga Hancur dan Akses Jalan Terputus Total

by -76 Views
Peristiwa
Angin Kencang Mengamuk di Blitar, Satu Rumah Warga Rusak dan Akses Jalan Tertutup Total

Foto kolase dampak pohon tumbang akibat angin kencang di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa (12/3/2024). (Foto: Susanto/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLITAR- Angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menyebabkan beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Akibatnya, akses jalan raya di kawasan tersebut juga tertutup total, Selasa (12/03/2024).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Ivong Berttyanto mengatakan, potensi bencana hidrometeorologi diperkirakan akan terjadi hingga akhir Maret 2024. Di Kabupaten Blitar, potensi terjadinya bencana angin kencang, tanah longsor, banjir, dan lainnya juga tinggi.

“Hari ini terjadi angin kencang di wilayah Kabupaten Blitar. Hal ini merupakan salah satu bencana hidrometeorologi. Oleh karena itu, kami mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujar Ivong, Selasa (12/03/2024).

Ivong menyebutkan bahwa angin kencang telah menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik, seperti di jalan utama Pasar Dayu, Desa Dayu, Kecamatan Nglegok yang membuat jalan tertutup oleh pohon yang roboh.

Kejadian pohon tumbang juga terjadi di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, bahkan menimpa rumah seorang warga bernama Tingah sehingga menyebabkan rumahnya roboh.

“Kami telah menerima laporan tentang beberapa titik pohon tumbang di Kabupaten Blitar. Salah satunya di Kecamatan Nglegok, ada yang menimpa rumah warga hingga roboh dan menutup jalan. Petugas kami sudah berada di lokasi,” katanya.

Lebih lanjut, Ivong menambahkan bahwa BPBD Kabupaten Blitar telah menetapkan status siaga penuh terkait peristiwa angin kencang. BPBD juga sedang fokus menangani pohon tumbang yang terjadi sejak pagi hari. (*)

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Mahrus Sholih