Karang Taruna Desa Silebu Mempersembahkan Kampung Ramadhan: Petualangan Menyusuri Keberkahan

by -74 Views

SiwinduMedia.com – Menjadi agenda tahunan rutin ketika memasuki bulan suci Ramadhan, Karang Taruna Nirwana Desa Silebu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan selalu mengadakan Gebyar Ramadhan. Untuk tahun 2024 ini, Karang Taruna Nirwana mengadakan Kampung Ramadhan ke-7 selama sebulan penuh di Alun-alun Desa tersebut.

Acara yang meriah ini dibuka oleh Pj Bupati Kuningan Dr Drs Raden Iip Hidajat MPd, Sabtu (16/3/2024). Hadir bersama Pj Bupati, Kepala Dinas Sosial Dr H Toto Toharudin MPd, Kabid SMP Disdikbud Kuningan Abidin SPd MSi, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Mumuh Muhyiddin SH, Ketua Karang Taruna Kecamatan Pancalang Dadan, Camat Pancalang Jujun Hendria SSTP MSi, serta perwakilan Polsek dan Koramil setempat.

Juga hadir rombongan dari Kabupaten, Kepala Desa Silebu Asep Yusuf Hamdani SSos dan jajaran Pemerintahan Desa Silebu, tokoh masyarakat beserta Ketua Karang Taruna Nirwana Desa Silebu Albiansyah dan pengurus. Hadir pula Ketua Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon dan Ketua KMK Bandung Raya.

Acara dimulai dengan doa/Tahlil bersama di Makbaroh sesepuh Desa Silebu. Pj Bupati beserta rombongan dan tamu undangan ikut berdoa selama lebih dari satu jam untuk keberkahan bersama, terutama ketika dilaksanakan di bulan suci Ramadhan.

Dalam kegiatan bertema “Bulan Suci sebagai momentum silaturahmi, kolaborasi, dan pemberdayaan pelaku ekonomi” tersebut, Pj Bupati Iip Hidajat berpesan agar acara ini terus dilakukan secara rutin, terutama oleh anak-anak muda Karang Taruna dengan dukungan penuh dari Pemdes dan tokoh masyarakat setempat. Dengan adanya Kampung Ramadhan, Iip menyatakan bahwa bersama kita dapat menyebarkan ajaran Islam untuk saling menguatkan, mempererat tali silaturahmi, dan memperkaya bulan suci Ramadhan dengan amal baik.

Iip mengajak semua yang hadir untuk menjaga dan memperkuat tradisi di Desa Silebu, sehingga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua. Iip juga menekankan pentingnya kebersamaan dan kekeluargaan dalam acara tersebut.

Selain itu, Iip mengungkapkan kekagumannya bahwa kebersamaan dan kekeluargaan telah diperlihatkan di Desa Silebu melalui Kampung Ramadhan setiap tahun, yang menggabungkan kegiatan keagamaan dan perekonomian. Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita gapura selamat datang di Kampung Ramadhan VII oleh Pj Bupati, diikuti dengan penjelajahan pedagang UMKM yang menjual di alun-alun Desa Silebu, serta buka puasa bersama di rumah kepala desa setempat.