Temui PM Li Qiang, Prabowo Bahas Penguatan Kerja Sama RI-Tiongkok

by -71 Views

Jakarta, Indonesia – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Tiongkok, Li Qiang di Beijing, Selasa (2/4). Kunjungan kehormatan tersebut dilakukan setelah Prabowo bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Senin (1/4).

“Xie-xie. Terima kasih banyak,” kata Prabowo saat menerima sambutan hangat dari Li. Keduanya saling berjabat tangan.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan penghargaannya atas kehormatan yang diberikan kepada delegasi Indonesia. Ia mengatakan, kedatangannya ke negara tirai bambu tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara.

“Saya datang dengan niatan untuk menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara,” tuturnya.

“Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara China dan Indonesia adalah realitas yang sangat kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan kepada kami,” tambah Prabowo.

Dalam kesempatan tersebut, Li juga mengapresiasi kunjungan Prabowo. Li menilai keputusan Prabowo sebagai presiden terpilih periode 2024-2029 ini menunjukkan kedekatan antara kedua negara.

“Keputusan Prabowo untuk mengunjungi China sebagai negara pertamanya setelah terpilih sekali lagi menunjukkan persahabatan yang mendalam antara China dan Indonesia,” ujar Li, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (2/4).

Li juga menyatakan China siap bekerja sama dengan Indonesia untuk mendorong kemajuan kedua negara melalui langkah konkret di ranah global maupun regional. Negara tersebut juga siap mencapai lebih banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh Indonesia dan China.

“Demi mencapai tujuan tersebut, Indonesia dan China harus bersinergi dalam mendukung kemajuan berbagai aspek, termasuk percepatan pembangunan serta peningkatan kerja sama dalam bidang-bidang terkait dengan mata pencaharian masyarakat,” tutur Li.

Selain itu, Li menyebut China siap memperkuat hubungan multilateral dengan Indonesia di tingkat global, termasuk dalam kerangka kerja sama regional maupun lembaga internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Source link