Pengabdian Prabowo Subianto di Dunia Kemasyarakatan dan Kemanusiaan

by -66 Views

Sumber: Buku Prabowo: Rekam Foto Sang Patriot hal. 30-47

Konsistensi perjuangan Prabowo untuk meningkatkan taraf hidup petani, nelayan, pedagang pasar dan rakyat Indonesia pada umumnya seperti tidak mengenal batas.

Prabowo memulai perjuangan kemanusiaannya pada usia yang sangat muda bersama Soe Hok Gie. Mereka mendirikan LSM pertama di Indonesia, Lembaga Pembangunan. Selanjutnya, Prabowo menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Prabowo juga banyak bergerak dalam kapasitas pribadi untuk membantu rakyat yang membutuhkan bantuan.

Prabowo juga aktif dalam memperjuangkan kehidupan yang lebih layak bagi petani di Indonesia melalui HKTI dengan mengembangkan bibit unggul, membagikan alat pertanian, memperjuangkan harga eceran yang baik, serta subsidi untuk komoditas pertanian utama di Indonesia.

Seperti Sukarno, Prabowo percaya bahwa pertanian merupakan fondasi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, ia turun langsung untuk memenuhi kebutuhan petani dan memperjuangkan segala yang dibutuhkan oleh mereka.

Prabowo juga berperan sebagai pembina APPSI, di mana ia bersama organisasi tersebut berjuang untuk meningkatkan taraf hidup pedagang pasar di seluruh Indonesia. Sebagai Ketua Umum APPSI, Prabowo secara aktif mendukung kepala daerah yang pro-pedagang pasar.

Dalam hal kemanusiaan, Prabowo sebagai seorang pengusaha sukses memberikan sebagian besar keuntungan usahanya untuk bantuan kemanusiaan. Ia telah membantu ribuan anak dan warga yang membutuhkan bantuan medis, baik sebagai individu maupun sebagai pimpinan organisasi kemasyarakatan.

Prabowo juga peduli terhadap hak-hak buruh dan telah memperjuangkan hak-hak mereka dalam berbagai kapasitas. Selain itu, Prabowo juga memperjuangkan penguatan kelembagaan koperasi sebagai solusi untuk memastikan kesejahteraan ekonomi juga dinikmati oleh banyak orang. Prabowo juga menjadi inisiator dan Ketua Umum Koperasi Garudayaksa Nusantara periode 2016-2020.

Source link