Puluhan Pengusaha Biomasa Memprotes, Minta PLTU Bunton Cilacap Mendorong Pengembangan Perusahaan Lokal

by -63 Views

Puluhan pengusaha Biomasa Lokal Adipala melakukan unjuk rasa di depan PLTU Bunton, Cilacap, Jawa Tengah (Indonesia Power 2), pada Jumat (19/4/2024). Mereka menuntut agar PLTU Bunton, Cilacap memberdayakan perusahaan lokal untuk ikut memasok biomasa sebagai bahan bakar alternatif selain batubara.

Para pengusaha biomasa lokal di wilayah Bunton, Kecamatan Adipala mengklaim mampu menyuplai biomasa sebanyak 7000 hingga 8000 ton per bulan tanpa bantuan perusahaan yang ditunjuk PLN Energy Primer Inventory (EPI). Mereka merasa dirugikan karena perusahaan luar daerah dianggap mendapatkan perlakuan yang lebih baik.

Asisten Manajemen Inventory Primer Energy PLTU Bunton, Cilacap, Makhfud menyatakan bahwa pihaknya mendukung siapa pun yang bersedia memasok biomasa, termasuk pemasok lokal. Namun, proses pengadaan dan kontrak berada di bawah wewenang PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) di Jakarta.

Makhfud juga menyatakan bahwa perusahaan lokal akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekitar apabila dilibatkan dalam memasok biomasa. PLTU Bunton akan berkoordinasi dengan PLN EPI untuk mendiskusikan tuntutan dari para pengusaha biomasa lokal.

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih

Sumber: SUARA INDONESIA

Diperbarui pada: 19 April 2024