Bappebti Memblokir Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal

by -76 Views

Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah melakukan pemblokiran 1.855 situs web yang melakukan kegiatan penawaran di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) ilegal sepanjang tahun 2023. Tindakan pemblokiran dilakukan untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian dan memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha PBK.

Menurut Plt. Kepala Bappebti Kasan, penawaran ilegal PBK masih sering terjadi melalui media sosial, situs web, dan aplikasi ponsel pintar. Masyarakat diharapkan untuk berhati-hati terhadap penawaran dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Bappebti terus melakukan upaya preventif dan represif untuk mencegah modus penipuan dan kerugian dari kegiatan PBK ilegal.

Kasan juga mengajak masyarakat untuk aktif dalam melaporkan kegiatan ilegal di bidang PBK yang mereka temui. Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan, Aldison, menegaskan bahwa setiap entitas yang melakukan kegiatan PBK di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan patuh pada peraturan yang berlaku.

Situs web PBK ilegal yang diblokir oleh Bappebti bisa dinormalisasi jika pemiliknya beritikad baik untuk mengurus perizinan. Langkah ini dilakukan untuk pembinaan entitas ilegal agar patuh pada peraturan dan menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat. Masyarakat diingatkan untuk memastikan legalitas perusahaan sebelum bertransaksi dan tidak tergiur oleh iming-iming keuntungan yang tidak wajar.

Aldison menyarankan untuk memeriksa legalitas pelaku usaha PBK melalui situs web resmi Bappebti sebelum melakukan transaksi. Situs web resmi Bappebti dapat diakses melalui tautan https://ceklegalitas.bappebti.go.id/.

Source link