Plt Bupati Sidoarjo Menginisiasi Program Bantuan Pangan untuk Meningkatkan Rezeki Petani

by -67 Views

Plt Bupati Sidoarjo Subandi melakukan distribusi bantuan pangan beras 10 Kg kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pada Kamis, 20 Juni, Plt Bupati Sidoarjo tersebut mendistribusikan bantuan tersebut di empat desa di Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Keempat desa yang dikunjungi adalah Desa Grabagan, Kepunten, Grinting, dan Grogol.

Dalam kegiatan tersebut, Subandi memuji peran penting Kepala Desa (Kades) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dalam penyaluran bantuan pangan beras kepada warga yang membutuhkan. Dia juga mengatakan bahwa kerjasama dengan Bulog dan PT YASA membuat distribusi beras ini dapat berjalan dengan lancar.

Subandi berharap bantuan beras ini dapat membantu menekan harga beras, mengendalikan inflasi, dan meningkatkan sektor pertanian di Sidoarjo. Selain itu, dia juga ingin membantu perekonomian warga penerima bantuan. Subandi menegaskan agar beras ini tidak dijual di toko, melainkan dikonsumsi langsung oleh KPM karena kualitasnya sudah bagus.

Selain itu, Subandi juga berencana untuk membantu petani Sidoarjo dengan mengadakan kerjasama dengan stakeholder terkait seperti Bulog. Program bantuan pangan beras ini merupakan inisiatif pemerintah yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah yang dikelola oleh Bulog, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah.