Respons Survei Litbang Kompas, Pengamat: Kepercayaan dan Keyakinan Publik bersama Prabowo-Gibran

by -52 Views

Jakarta – Pengamat politik dan Dosen Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai bahwa ada kesinambungan kepercayaan dan keyakinan publik terhadap pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan dilanjutkan oleh pemerintahan Prabowo Subianto.

Hal ini tercermin dari hasil survei terbaru Litbang Kompas yang menunjukkan adanya kesinambungan dari pemerintahan Jokowi ke Prabowo yang didasarkan pada berbagai faktor.

Ujang menilai bahwa dari hasil survei tersebut, terlihat bahwa publik memiliki kepercayaan tinggi karena banyak masalah bangsa Indonesia seperti masalah ekonomi, kesehatan, dan lain-lain yang sebenarnya dapat diatasi, baik di bawah kepemimpinan Jokowi maupun nantinya di bawah kepemimpinan Prabowo.

“Kepercayaan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia terhadap Prabowo-Gibran layaknya dibanggakan untuk membawa Indonesia menuju negara yang sejahtera, adil, dan dihormati di dunia Internasional,” ujar Ujang kepada wartawan pada Sabtu (22/6).

Menurutnya, pencapaian ini menjadi momentum yang sangat baik bagi Prabowo-Gibran untuk mengelola dan membangun Indonesia agar semakin maju dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam waktu 5 tahun setelah pelantikan pada 20 Oktober mendatang.

“Masyarakat sangat bangga bahwa Prabowo-Gibran akan dapat membuat perubahan-perubahan dan perbaikan-perbaikan yang diharapkan selesai dalam 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Ujang juga melihat bahwa masyarakat Indonesia sudah antusias untuk mendukung Prabowo-Gibran untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf.

Berdasarkan survei Litbang Kompas selama dua periode kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, kepuasan publik tercatat positif. Bahkan, di akhir periode jabatan Jokowi-Ma’ruf, kepuasan publik lebih tinggi dibanding periode sebelumnya.

“Saat ini, tidak kurang dari tiga perempat responden menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Meskipun masih ada beberapa masalah yang dianggap problematis, tingkat kepercayaan pada pemerintahan tetap tinggi,” tulis Litbang Kompas dalam artikel survei yang diterbitkan pada Sabtu (22/6) di Kompas.id.

Litbang Kompas menyebutkan bahwa berdasarkan hasil survei tersebut, publik yakin bahwa penilaian dan harapan semacam itu diharapkan akan terjadi pada pemerintahan baru.

Dari temuan Litbang Kompas, 83,6% publik yakin bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran akan meningkatkan martabat negara di mata internasional.

Selain itu, 83,6% yakin bahwa pemerintahan baru akan memperkuat pertahanan negara, 67,6% yakin terhadap peningkatan nilai tambah pengolahan hasil alam (hilirisasi), 68,5% yakin pada peningkatan pertumbuhan ekonomi negara, 62,4% yakin terhadap penambahan lapangan kerja baru, dan 69% yakin pada kedaulatan pangan (swasembada).

57,3% yakin pada program makanan bergizi gratis, 72,4% yakin pada penyelesaian pembangunan IKN, dan 64,8% yakin pada pemberantasan korupsi di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka yang diselenggarakan Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024 dengan 1.200 responden yang dipilih secara acak di 38 provinsi di Indonesia.

Dengan tingkat kepercayaan 95%, margin of error penelitian sekitar 2,83% dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Survei ini didanai sepenuhnya oleh Harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara).

Source link