RSUD dr Moh Anwar Sumenep Berharap Menjadi KJSU KIA, Apakah Itu?

by -60 Views

Direktur Utama RSUD dr Moh Anwar Sumenep dr Erliyati, optimis bahwa rumah sakit daerah yang dipimpinnya mampu menuju pelayanan Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi, serta Kesehatan Ibu dan Anak (KJSU KIA).

KJSU KIA sendiri merupakan program Kementerian Kesehatan RI. Pelayanan tersebut harus dimiliki oleh rumah sakit di seluruh Indonesia pada 2027 mendatang.

Pelayanan tersebut mencakup pengobatan dan operasi kanker, jantung, syaraf, gagal ginjal, batu ginjal, serta kesehatan ibu dan anak.

“Dalam tahun ini, kami mempersiapkan RSUD menuju KJSU KIA. Program dari Kementerian Kesehatan, pada tahun 2027 seluruh rumah sakit harus mampu melayani KJSU KIA,” ujarnya.

Dokter Erly, panggilan akrabnya, menyatakan bahwa realisasi KJSU KIA harus dilakukan secara bertahap hingga tercapai sepenuhnya pada tahun 2027.

Untuk itu, pada tahun 2024 ini, RSUD dr Moh Anwar Sumenep sedang melakukan persiapan mulai dari penyediaan sarana dan prasarana kesehatan hingga tenaga kesehatan yang kompeten.

Terkait dengan tenaga kesehatan, RSUD dr Moh Anwar Sumenep sebelumnya telah memiliki program beasiswa untuk menyukseskan tenaga medis, sehingga mereka dapat kembali berbakti di rumah sakit tersebut.

“Kami optimis. Kita harus optimis. Oleh karena itu, kami menyiapkan segalanya dari sekarang. Baik sarana prasarana maupun tenaga kesehatan,” katanya.

Pewarta: Wildan Mukhlishah Sy
Editor: Mahrus Sholih

Ini merupakan ulasan mengenai upaya RSUD dr Moh Anwar Sumenep dalam mewujudkan pelayanan KJSU KIA sesuai dengan program Kementerian Kesehatan RI.