Pj Sekda Mengingatkan Aparatur Pemerintahan di Cilacap Untuk Menghindari Praktik Pungutan Illegal

by -47 Views
Berita

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Sujito foto bersama usai membuka kegiatan Sosialisasi SABER PUNGLI di Hotel Dafam. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap berkomitmen memberantas praktik pungutan liar di lingkungan pemerintahan, seperti di OPD, Kecamatan dan Desa/Kelurahan. Termasuk di Puskesmas, dan Sekolah. 

Hal itu disampaikan Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Sujito saat membuka kegiatan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Hotel Dafam Cilacap, Selasa (23/7/2024).

“Pungutan liar merupakan suatu pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya dikenakan. Ini merupakan praktik kejahatan atau perbuatan pidana,” kata Sujito.

Ia menyoroti, pungutan liar sering terjadi dalam berbagai layanan publik seperti pembuatan KTP, akte kelahiran, surat pensiun, surat kematian, sertifikat, izin usaha, administrasi di rumah sakit dan puskesmas pemerintah.

Tak hanya itu, pungli menurutnya juga rawan terjadi pada saat menikah, masuk sekolah, termasuk biaya sekolah. 

Untuk itu, Sujito mengingatkan sebagai pelayan masyarakat, harus selalu berhati-hati dalam melaksanakan tugas dan menghindari praktik pungli. Selain itu, mematuhi prosedur sesuai aturan yang berlaku dan jujur dalam bekerja.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau seluruh jajaran aparatur pemerintah Kabupaten Cilacap untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik, tanpa adanya pungutan dalam bentuk apapun kepada masyarakat.

Hal itu agar terwujudnya pemerintahan yang baik atau good governance. “Mari kita bersama-sama menghindari pungli, karena perbuatan ini sangat beresiko. Jangan sampai ada yang melakukan pungli,” ujar Sujito.

Diketahui, sosialisasi itu berlangsung selama lima hari, diikuti 700 orang, yang berasal dari Puskesmas, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan, Kepala Sekolah SMP dan SD serta perwakilan masing-masing Kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap. 

Adapun sejumlah narasumber dihadirkan dari Polresta, Kejaksaan Negeri, dan Inspektorat Daerah Cilacap. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih