Empat Pimpinan DPRD Banyuwangi Periode 2024-2029 Resmi Dilantik dan Langsung Meluncurkan Pembentukan AKD

by -11 Views

Empat pemimpin DPRD Banyuwangi periode 2024-2028 resmi dilantik, Rabu (2/10/2024). Mereka mengambil sumpah dan jabatan di Gedung Paripurna DPRD setempat.

Keempat pemimpin tersebut adalah I Made Cahyana Negara dari PDI Perjuangan sebagai Ketua DPRD. Sedangkan Wakil Ketua I diisi oleh politisi PKB Siti Mafrochatin Ni’mah, Wakil Ketua II oleh politisi Partai Demokrat Michael Edy Hariyanto, dan Wakil Ketua III oleh politisi Partai Golkar Ruliyono.

Setelah dilantik, Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara langsung mempercepat proses pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). “Kami targetkan dalam satu minggu ke depan proses pembentukan AKD bisa selesai,” kata Made.

Setelah AKD terbentuk, DPRD Banyuwangi akan mempercepat proses pembahasan rancangan peraturan daerah APBD 2025. Mereka juga akan membahas raperda-raperda prioritas lainnya.

Informasi tambahan, Made telah menjabat sebagai Ketua DPRD untuk ketiga kalinya secara berurutan. Sedangkan Michael dan Ruliyono juga telah menjabat sebagai pimpinan dewan pada periode sebelumnya.

Satu-satunya wajah baru dalam pimpinan DPRD periode ini adalah Siti Mafrochatin. Ia juga menjadi perempuan pertama yang menjadi pimpinan DPRD di Kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu, Plt Bupati Banyuwangi, Sugirah, mengucapkan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD Banyuwangi. Dia berharap kolaborasi antara pemerintah kabupaten dan DPRD terus meningkat.

Sugirah yakin bahwa para pemimpin legislatif memiliki komitmen yang kuat dalam mengawal percepatan pembangunan di Banyuwangi.

Dia juga berharap dengan pemimpin baru, DPRD Banyuwangi dapat menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat dan bersinergi dengan eksekutif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Keberhasilan suatu daerah tergantung pada sinergi harmonis antara eksekutif dan legislatif.

Muhammad Nurul Yaqin
Mahrus Sholih