Radiologi Equipment Supports Improved Quality of Health Services at Blora Regional Hospital

by -6 Views

Gunawan
05 Oktober 2024 | 12:10 Dibaca 65 kali

Kesehatan
Peralatan Radiologi Dukung Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD Blora

Pasien saat mendapatkan pelayanan, menjalani perawatan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan di Radiologi RSUD Blora, Kamis 4 Oktober 2024. (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLORA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetijono Blora terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya pasien yang menjalani perawatan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan di RSUD Blora.

“Ada beberapa fasilitas kesehatan seperti rontgen, panoramic, CT scan, ultrasonografi (USG) abdomen, USG thorax dan yang lainnya. Ini semua dalam rangka untuk mendukung, mendorong, menunjang dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat,” kata dr. Luqma Prinata Widiantara, Sp.Rad, dokter spesialis radiologi di RSUD Blora.

Luqma dalam keterangannya pada Kamis 4 Oktober 2024 mengatakan, setiap hari dan setiap waktu, pelayanan di RSUD Blora, khususnya (rontgen) banyak dibutuhkan masyarakat.

Mulai dari pasien poli orthopedi, urologi, poli bedah, IGD, rawat inap hingga pasien-pasien yang akan menjalani operasi untuk screening.

“Jumlah pasien (rontgen) dalam sebulan mencapai 1.400, USG ada 300 pasien dan CT scan sebanyak 200 orang,” papar dia.

Disisi lain, imbuh Luqma, RSUD Blora juga memiliki alat kesehatan (alkes) panoramic, CT scan, yang dapat membaca/memeriksa tubuh pasien, mulai dari kepala, dada, perut, kaki hingga ke tulang-tulang.

“Sedikitnya, di rata-rata per hari pasien USG mencapai 20-30 orang, CT scan di kisaran 10-15 lebih pasien dan rontgen 60-100 pasien. Pasien yang datang dan mendaftar, semua akan terlayani,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Regu (Karu) Radiologi RSUD Soetijono Blora, Lasmito menyampaikan, dalam mendiagnosis pasien dan memberikan pelayanan yang terbaik di radiologi didukung beberapa alat kesehatan, rontgen, USG, CT scan dan panoramic.

“Ada 10 Sumber Daya Manusia (SDM), mulai dari perawat, tenaga pemeriksaan (radiographer), dokter, dan administrasi,” terangnya.

Menurut Lasmito, RSUD Blora adalah rumah sakit rujukan. Misalnya, rujukan dari RSU Permata, RS PKU Muhammadiyah dan rumah sakit yang lainnya.

“Didukung sarpras yang mumpuni, SDM yang profesional dan memadai, pasien di RSUD Blora dapat terpenuhi sepenuhnya. Lebih ditingkatkan dan lebih meluas lagi perkembangannnya,” tutur dia.

Wignyo, salah satu pasien asal Sendangharjo, Ngawen, Blora, menceritakan, bahwa hari ini, dirinya mengaku berobat, memeriksakan sakit yang dirasakan beberapa minggu terakhir, di bagian punggung.

“Tadi di poli penyakit dalam dan dokter mengajurkan untuk rongten terlebih dahulu bagian punggung,” kata Sumarno, anak dari pasien.

Menurutnya, awalnya sakit pada kedua kaki sang ayah yang membengkak. Lalu, kata Sumarno, belum lama ini merasakan sakit punggung belakang.

“Dibantu kursi roda, ayah saya antar di radiologi. Agar, bisa mengerti dan mengetahui keluhan di punggung. Bilangnya sering nyeri,” tutur dia.

Sumarno mengaku pelayanan kesehatan, baik saat proses pendaftaran di lobi RSUD Blora, di poli maupun ruang radiologi, sangat baik dan ramah.

“Serius. Pelayanan di RSUD Blora, sangat baik. Ini menunggu panggilan untuk proses rongten,” paparnya.

“Nah ini dipanggil, minta doanya untuk ayahanda, semoga sehat dan diberikan kemudahan segalanya. Sehat selalu semuanya,” pungkas Sumarno, di lobi ruang Radiologi RSUD Blora. (*)

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih