Protes Terhadap Kepentingan Netralitas Ketua KPU Ngawi Karena Memakai Kerudung Warna Kuning, Prima: Tujuan Netralitas Hilang

by -98 Views

Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Prima Aequina Sulistyanti merespons soal kerudung warna kuning yang ia pakai saat menghadiri bimtek PPS dan PPK di Notosuman pada tanggal 15 Desember 2023 lalu. Ia menegaskan bahwa kerudung tersebut bukan warna kuning, melainkan warna hijau pupus.

Menurut Prima, hal ini ia sampaikan untuk memastikan agar tidak ada polemik di masyarakat. Ia juga menjelaskan bahwa tidak ada aturan terkait pemakaian seragam untuk ketua dan anggota KPU. Seragam KPU hanya berlaku untuk sekretariat dan penggunaan kerudung menyesuaikan.

Sebelumnya beredar foto Ketua KPU Kabupaten Ngawi Prima Aequina Sulistyanti memakai kerudung warna kuning saat mengumpulkan ratusan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang menuai sorotan publik.

Seorang warga Ngawi, Budi Joyo, menyesalkan perilaku Ketua KPU tersebut. Menurutnya, perilaku tersebut bisa memantik bermacam-macam opini publik. Hal ini menurutnya, bisa menimbulkan persepsi negatif di mata publik terutama dalam konteks netralitas pada pemilu 2024 yang sedang disorot.

Pewarta: Ari Hermawan
Editor: Imam Hairon