Kreativitas Jemaat Gereja di Madiun dalam Memanfaatkan Ribuan Botol Plastik Bekas untuk Membuat Pohon Natal

by -110 Views

Sebuah pohon natal unik dan kreatif telah dibuat di halaman Gereja Santo Cornelius di Kota Madiun, Jawa Timur, menggunakan ribuan botol plastik bekas. Pengurus gereja memanfaatkan limbah botol plastik yang dikumpulkan dari para jemaat untuk membuat pohon Natal tersebut.

Pohon Natal tersebut berdiri di halaman gereja dan terang karena dilengkapi dengan lampu yang diletakkan di botol plastik bekas. Proses pembuatannya melibatkan sekitar 3.500 botol plastik yang dikumpulkan dari berbagai ukuran. Botol-botol tersebut kemudian dipotong bagian bawahnya agar air hujan tidak tertampung di dalamnya, lalu dirangkai dan direkatkan menggunakan staples hingga membentuk pohon Natal berukuran sembilan meter.

Untuk menambah kemeriahan, pohon tersebut juga dihias dengan pita emas dan bola-bola sebagai aksesoris. Lampu hias juga dipasang untuk menambah keindahan pada malam hari. Dewan Pastoral Paroki Santo Cornelius, Stanislaus Aries Wahyu Witomo, menyatakan bahwa pembuatan pohon Natal dari botol plastik bekas adalah simbol kesederhanaan umat Kristen serta upaya menjaga kebersihan dengan mendaur ulang sampah.

Pada perayaan Natal tahun ini, para pengurus gereja berharap agar umat Katolik dapat belajar hidup sederhana yang dipenuhi sukacita, sesuai dengan kesederhanaan dalam perayaan Natal Yesus.

Pewarta: Prabasonta
Editor: Mahrus Sholih