Emiliano Zapata – Profil di prabowo2024.net

by -94 Views

Artikel ini ditulis oleh Prabowo Subianto dalam bukunya 2 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto. Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa sejak kecil, dia selalu kagum dengan tokoh-tokoh heroik yang membela rakyat kecil dan tertindas. Dia menyebut tokoh seperti Robin Hood dan Ivanhoe dari Inggris, Three Musketeers dari Perancis, serta William Tell dari Swiss sebagai figur-heroik yang membentuk kepribadiannya. Prabowo juga mengagumi Emiliano Zapata dari Meksiko yang melawan kezaliman, ketidakadilan, dan penindasan rakyat oleh oligarki.

Emiliano Zapata Salazar lahir di Meksiko Selatan pada 8 Februari 1879 dan memimpin Revolusi Meksiko melawan diktator Porfirio Díaz pada tahun 1910. Sebagai pemimpin Tentara Pembebasan Selatan, Zapata aktif membela hak-hak penduduk Indian di Morelos yang kurang adil dalam sistem hacienda. Dia menentang revolusi agraria dan sistem hacienda serta mendesak gubernur negara bagian untuk bertindak demi hak-hak penduduk.

Dalam kisah revolusi Meksiko, Zapata dikenal sebagai Jenderal dari selatan yang bersama dengan Jenderal Avila dari utara, merupakan figur-heroik yang penuh romantisme dan macho. Mereka berdua dicintai oleh anak buah dan rakyat, serta dihormati sebagai pahlawan pembela orang miskin dan tertindas. Prabowo menganggap tokoh seperti Zapata sebagai inspirasi dalam perjuangan melawan ketidakadilan dan penindasan.

Sumber link: [Prabowo Subianto – Emiliano Zapata](https://prabowosubianto.com/emiliano-zapata/)