Membangun Ketahanan Pangan Desa dengan e-Quanik Agri Nusantara di Desa Babatan berbasis Ekonomi Digital

by -76 Views

SiwinduMedia.com – Dalam rangka pengendalian inflasi sekaligus mewujudkan ketahanan pangan, Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Sinta Desa Babatan Kecamatan Kadugede mengadakan kegiatan tanam dan petik cabai serentak, di Kebun Agriwisata Terpadu Desa Babatan, Kamis (7/3/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Kuningan, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Kasatpol PP Kabupaten Kuningan, perwakilan dari DPMD Kabupaten Kuningan, Forkopimcam Kadugede, Pimpinan Bank Kuningan Cabang Kadugede, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan, para Kepala Desa se-Kecamatan Kadugede, Pokja PKK, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, MSi, menjelaskan pentingnya menjaga stabilitas harga cabai untuk mengendalikan inflasi dan memastikan masyarakat dapat membeli cabai dengan harga wajar. Wahyu juga menekankan penggunaan teknologi tepat guna dan pengembangan jaringan pemasaran cabai untuk menjaga stabilitas harga.

Selain itu, Pemerintah Desa Babatan juga menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Aparatur Desa, TP PKK, Karang Taruna, dan Kelompok Wanita Tani untuk mencapai tujuan pengendalian inflasi, peningkatan lapangan kerja, dan ketahanan pangan.

Pj Bupati Kuningan, Dr. Iip Hidajat, MPd, mengapresiasi kegiatan Pemerintah Desa Babatan dan menekankan pentingnya peningkatan kapasitas SDM Desa dalam menjalankan peran dan fungsi Desa.

Untuk menekan laju inflasi, Pemerintah Kabupaten Kuningan telah meluncurkan berbagai program dan kebijakan, termasuk program Masagi (Mitra Sinergi Jaga Inflasi) yang bertujuan untuk membantu petani dalam pemasaran hasil tanaman dengan harga terjangkau.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan benih cabai dan hortikultura secara simbolis kepada KWT Dewi Sinta Desa Babatan, KWT Sauyunan Desa Cigugur, dan KWT Mandiri Desa Nusaherang dari Pemerintah Kabupaten Kuningan.