Emak-Emak Kampus UMKM Kuningan Berbagi Makanan Takjil di Depan Taman Cirendang

by -83 Views

SiwinduMedia.com – Puluhan ibu yang tergabung dalam Forum Edukasi dan Diskusi Kampus UMKM Kuningan, mengemas dan membagikan ratusan dus makanan takjil di depan Taman Cirendang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat sore (15/3/2024).

Uniknya, kecuali kurma dan air mineral, hampir semua makanan takjil ini adalah produk UMKM yang biasa dijual oleh para pelaku UMKM untuk menambah penghasilan sehari-hari. Terlihat para ibu berkegiatan dengan penuh semangat kekeluargaan dan gotong-royong sebagaimana yang selama ini diajarkan di forum edukasi Kampus UMKM Kuningan.

Secara sukarela, mereka membuat dan mendonasikan produknya mulai dari kue basah seperti dadar gulung, risol, puding, pizza mini, onde-onde, brownies mini, mochi, gabin tape, piscok, pastel, dan lainnya, hingga kue kering seperti bola susu, sagon, dan kerupuk seblak, dan sebagian memberikan sumbangan uang.

Pemilihan hari Jumat pada awal Ramadhan, menurut Dewi Puspita Sari selaku Koordinator Divisi Sosial Forum Edukasi Kampus UMKM Kuningan, karena hari Jumat disebut sebagai rajanya hari yang penuh berkah, dan untuk berbuat baik harus dilakukan dengan segera.

“Puji Tuhan, hampir semua yang kita berikan adalah hasil produk para pelaku UMKM. Pemilihan hari Jumat karena meskipun semua hari baik, namun umat Muslim percaya sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah bahwa hari Jumat adalah rajanya hari. Insya Allah akan mendatangkan banyak berkah. Pemilihan awal Ramadhan karena prinsipnya jangan menunda berbuat baik, harus dilakukan dengan segera,” ujar Dewi kepada SiwinduMedia.com.

Adapun paket makanan takjil yang dibagikan oleh para ibu Kampus UMKM Kuningan kepada ojeg pangkalan, pedagang sekitar, sopir angkot, ojol, dan pengendara yang melintas di depan Taman Cirendang tersebut, untuk mempercepat berbuka puasa jika waktunya tiba, namun masih dalam perjalanan.

Kegiatan berbagi ini, lanjut Dewi, diharapkan akan menjadi agenda rutin setiap hari Jumat selama bulan Ramadhan. Diinginkan juga, kegiatan ini akan terus meningkatkan kepekaan sosial dari keluarga besar Kampus UMKM Kuningan, selain tentu saja mencari ridha Allah.

“Insya Allah kegiatan berbagi ini akan menjadi agenda rutin setiap hari Jumat selama bulan Ramadhan. Bisa berbentuk pembagian takjil seperti sekarang, atau juga berbagi sembako dan lainnya. Semoga ini semakin meningkatkan kepekaan sosial Keluarga Besar Kampus UMKM Kuningan yang pada dasarnya sudah suka bersedekah,” ujar Dewi.

Terhadap kegiatan amal ini, terlihat masyarakat memberikan apresiasi dan merasa senang, mengingat bahwa di awal bulan Ramadhan belum banyak yang melakukan hal serupa. Seperti yang diungkapkan oleh Riyan Purnama, seorang pedagang yang biasa berjualan di Taman Cirendang.

“Acara berbagi takjil ini sangat bagus, di awal Ramadhan ini menurut saya belum ada. Ini baru dari Kampus UMKM Kuningan. Semoga menjadi semangat dan motivasi bagi orang lain, biasanya kegiatan berbagi takjil baru muncul pada minggu kedua,” ungkap Riyan.