Lia Istifhama Mengungkap Prinsip AURA dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM

by -77 Views

Senator DPD RI terpilih, Lia Istifhama, mengungkapkan prinsip AURA untuk kemajuan UMKM naik kelas. Dalam berbagai forum terbuka, Lia sering memaparkan gagasan dan pandangannya terkait kemajuan UMKM.

Lia membawa visi misi sebagai anggota DPD RI agar UMKM atau potensi lokal dapat naik level. Gagasan tersebut diberi istilah AURA, yang merupakan singkatan dari Akses Pemasaran Kuat, Unik, Resilien, dan Adaptif.

“Ia ingin mengangkat potensi lokal dengan prinsip AURA. Istilah ini sering dia sampaikan kepada teman-teman UMKM dan forum publik ketika membahas strategi untuk meningkatkan potensi lokal,” kata Lia kepada media pada Rabu.

Lia menjelaskan bahwa istilah AURA menjadi katalisator bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat dipimpin oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

“Istilah ini selalu menjadi fokus Pemprov Jatim. Kami ingin membawa UMKM menuju pasar global,” tambahnya.

Lia menjelaskan prinsip AURA yang akan menjadi tonggak kemajuan bagi UMKM di Jawa Timur. Mulai dari Aspek, yang terkait dengan jalur pemasaran yang perlu memperoleh izin dengan mudah dan biaya yang terjangkau.

Selain itu, Unik mengacu pada produk UMKM yang harus memiliki identitas sesuai dengan sumber daya alam lokal. Resiliensi mengacu pada kemampuan UMKM untuk bertahan dalam berbagai kondisi, dan Adaptif mengacu pada kemampuan produk UMKM untuk terus berkembang digital.

Lia juga menekankan pentingnya riset yang masif untuk meningkatkan kualitas produk, terutama dalam hal pertanian. Dengan begitu, UMKM dapat bersaing dengan produk lain yang sedang berkembang.

Artikel lebih lanjut dapat ditemukan di Google News SUARA INDONESIA.

Pewarta: Lukman Hadi
Editor: Imam Hairon