Kunjungan Kedua Wakaf Ilmu e-Quanik di Kecamatan Garawangi oleh Pipin: Menyelam Sambil Minum Air

by -62 Views

SiwinduMedia.com – Niat dari seorang Pipin Kusmana Arifin sebagai pendiri e-QuaNik Agri Nusantara untuk mewakafkan ilmu hidroponik kepada masyarakat Kuningan tentang budidaya melon premium pada saat panen perdana tanggal 23 Januari 2024.

Saat ini, Pipin sudah mulai melaksanakan rencana wakaf ilmu budidaya melon teknologi e-QuaNik setelah melakukan pemetaan.

“Puji Tuhan, wakaf ini akan kami laksanakan di 361 Desa dan 15 Kelurahan di Kabupaten Kuningan. Kami berharap perjalanan ke 376 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Kuningan ini dapat kami selesaikan sesuai target dalam waktu 111 hari,” katanya.

Desa Babatan, Kecamatan Kadugede menjadi agenda pertama Pipin. Pada tanggal 7 Maret 2024, ia berbagi ilmunya kepada petani muda, anggota Komunitas Wanita Tani (KWT), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), serta tamu undangan.

“Puji Tuhan, Selasa (30/4/2024) Kecamatan Garawangi menjadi kunjungan kedua tim e-Quanik Agri Nusantara. Atas undangan Pak Camat, kami menjadi narasumber untuk bimbingan teknis peningkatan kapasitas Bumdes dan Bumdesma serta teknologi tepat guna di Kecamatan Garawangi. Kami hadir untuk memenuhi undangan serta menunaikan janji kami akan pemberian ilmu wakaf,” ujar Pipin sambil tersenyum.

Di aula Kecamatan Garawangi, tim e-Quanik memberikan materi tentang pemberdayaan generasi muda di Kabupaten Kuningan, terutama pemberian ilmu budidaya melon premium.

Ada sekitar 150 peserta, yang merupakan perwakilan pengurus Bumdes dan Bumdesma serta perangkat Desa dari 17 Desa di Kecamatan Garawangi.

“Antusiasme peserta sangat tinggi selama penyampaian materi. Ini bisa memacu Desa, terutama Bumdes dan Bumdesma, untuk melakukan lompatan dengan budidaya pertanian modern,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan ini juga menjadi pemicu bagi Desa lain di Kabupaten Kuningan yang akan kami kunjungi berikutnya,” tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, MSi, pimpinan cabang Bank Jabar Banten Syariah KCP Kabupaten Kuningan, ahli pendamping Desa untuk Bumdes, serta kepala UPTD pertanian dan penyuluh Kecamatan Garawangi juga hadir dalam acara tersebut.