Beberapa Calon Anggota DPRK Keerom Melangkah ke Tahap Seleksi Berikutnya

by -25 Views

Panitia Seleksi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Keerom telah mengumumkan 26 nama peserta yang lolos seleksi berkas. Pengumuman itu merupakan hasil dari proses verifikasi dan validasi yang dilakukan terhadap 34 pendaftar calon anggota DPRK Keerom melalui mekanisme penyelenggaraan tahun 2024.

Ketua Pansel DPRK Laurens Borotian menjelaskan bahwa proses seleksi dilakukan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2021 dan Peraturan Gubernur Nomor 43 Tahun 2024. Keputusan akhir diambil berdasarkan usulan dari masing-masing wilayah dan memperhatikan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Pansel hanya menerima berkas dari calon yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) dengan garis keturunan ayah yang memiliki marga suku setempat. Selain itu, pansel juga melakukan verifikasi terhadap rekomendasi dari kepala suku yang diajukan oleh calon peserta.

Tujuan dari seleksi ini adalah untuk mendapatkan wakil rakyat yang benar-benar berasal dari masyarakat dan dapat memperjuangkan aspirasi mereka. Beberapa calon anggota DPRK yang berhasil lolos seleksi antara lain berasal dari berbagai wilayah seperti Distrik Skanto, Arso, Mannem, Arso Timur, Waris, Senggi, Kaisenar, Distrik Yawi, Web, dan Towe.

Berita ini dapat disimak lebih lanjut di Google News SUARA INDONESIA.

Pewarta: Mustakim Ali
Editor: Mahrus Sholih