Gelora Peringatan Hari Santri Dihadiri Dengan Antusias Oleh Pemerintah Provinsi Jatim

by -147 Views

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan para Kiai saat penandatanganan lembar komitmen mendukung Hari Santri 2024 di Unusa. (Foto: Rangga untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA – Gelora peringatan Hari Santri tahun 2024 dengan tema utama ‘Hari Santri Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’ akan diisi dengan serangkaian acara yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kamis (17/10/2024).

Hal tersebut diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Jawa Timur, Bobby Soemiarsono bersama Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur, Ketua Tanfiziyah PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz, dan Rektor Unusa Prof. Achmad Jazidie.

“Bobby berkomitmen bahwa Pemprov Jatim akan mendukung penuh kegiatan dan ikut menyukseskan pelaksanaan Hari Santri 2024 di Jawa Timur,” kata Bobby.

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin optimis bahwa Hari Santri memiliki makna yang mendalam dalam sejarah perjuangan kemerdekaan dari para Kiai dalam mendukung terwujudnya Indonesia damai penuh syukur atas do’a, riyadhoh, dan juga pengorbanan sekalipun nyawa dipertaruhkan sebagai kekuatan.

“Hari Santri adalah hari bersejarah NU ketika menunjukkan diri sebagai kekuatan menjaga kemerdekaan Indonesia. Juga hari untuk menyampaikan kepada dunia bahwa peran NU dalam menjaga kemerdekaan Indonesia melalui doa, riyadhoh, dan nyawa,” ujarnya.

Peringatan Hari Santri harus dijadikan sebagai pengingat bahwa perjuangan para Kiai dan ulama melawan penjajah Inggris pada era perjuangan adalah tonggak tauladan bagi para Nahdliyin.

Oleh karena itu, Hari Santri harus dijadikan bekal dalam meneladani perjuangan para Kiai yang dimulai dari Pondok Pesantren dalam melawan penjajah.

“Semoga dengan mengenang perjuangan para kiai yang dimulai dari Pondok Pesantren, Hari Santri 2024 menjadi hari yang istimewa bagi para Nahdliyin,” tegasnya.

“Jika saya mengistilahkan, Hari Santri ini adalah hari raya bagi para Santri,” tambahnya.

Rektor Unusa Prof. A. Jazidie merasa bangga karena dipercaya menjadi tuan rumah Kick Off Hari Santri PWNU Jawa Timur 2024.

Menurutnya, meskipun banyak tempat bersejarah yang dapat dijadikan sebagai Kick Off Hari Santri, UNUSA yang merupakan bagian dari NU dipilih sebagai pembuka dari seluruh rangkaian peringatan Hari Santri PWNU Jatim Tahun 2024.

Pihaknya membuka kesempatan bagi warga NU agar seluruh kegiatan NU di Jawa Timur dapat diselenggarakan di kampus Unusa Surabaya.

Pewarta: Rangga

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Yulian (Magang)

Editor: Imam Hairon