Menhan Prabowo Akui Pembelian 24 Pesawat Tempur F-15EX Baru Dari AS Memperkuat TNI

by -99 Views

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto telah memperkuat TNI dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU/Memorandum of Understanding) komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari Amerika Serikat (AS). Penandatanganan MoU dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri dan pihak Amerika Serikat memberikan kode khusus bagi Indonesia untuk penggunaan F-15EX, yakni F-15IDN.

Menhan Prabowo menyaksikan penandatanganan MoU tersebut dan melihat unit pesawat tempur di kantor Boeing bersama pejabat Kemhan dan The Boeing Company. Pada bulan November 2022, Prabowo memastikan bahwa rencana pembelian jet tempur F-15 sedang dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari pemerintah setelah melakukan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di Jakarta.

Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diberikan dan paket itu diyakini terjangkau. Negosiasi pembelian jet tempur F-15EX berjalan dengan sangat baik, menurut Menhan Prabowo. Departemen Luar Negeri AS menyetujui potensi penjualan jet tempur F-15 dan peralatan terkait kepada RI pada Februari 2022.

Pesawat tempur F-15EX memiliki keunggulan, antara lain kemampuan muatan hingga 29.500 pound (sekitar 13.380 kilogram) dan kinerja mesin yang tinggi dengan mesin modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan lebih kepada pesawat. Keseluruhan keunggulan ini menjadikan F-15EX sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih dan serbaguna di dunia saat ini. (SENOPATI)

Sumber: kemhan.go.id
Source link: https://prabowosubianto.com/menhan-prabowo-perkuat-tni-melalui-pembelian-24-pesawat-tempur/