Polres Pasuruan melakukan inspeksi mendadak di SPBU, Memeriksa Ketersediaan dan Kualitas Bahan Bakar Menjelang Idul Fitri 2024

by -74 Views

Unit IV Tipidter Polres Pasuruan melakukan inspeksi mendadak terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Pasuruan. Pengecekan dilakukan untuk memastikan stok BBM yang mencukupi dan keaslian bahan bakar minyak tidak terkontaminasi dengan bahan lain, agar para pemudik tidak dirugikan ketika mengisi BBM saat mudik lebaran Idul Fitri 1445 H.

Inspeksi mendadak dilakukan oleh Unit IV/Tipidter Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pasuruan dan melibatkan pihak Depo Pertamina serta Unit Pelaksana Teknis Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan. Salah satu SPBU yang diperiksa adalah SPBU 54.671.23 di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Pengecekan melibatkan pemeriksaan tera BBM pada pompa ukur bahan bakar minyak oleh petugas yang disaksikan oleh petugas kepolisian dan Petugas Tera. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan terhadap tempat penyimpanan BBM.

Kepala Unit IV Tipidter Satreskrim Polres Pasuruan, Iptu Vani Badra Sadewa menjelaskan bahwa pemeriksaan tera BBM bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan sesuai dengan transaksi perdagangan untuk mencegah praktik kecurangan dan menjamin pelayanan masyarakat.

Hasil pemeriksaan menunjukkan tidak ditemukan kecurangan atau penyalahgunaan dalam pelayanan kepada masyarakat di SPBU tersebut. Stok dan distribusi BBM juga tercatat sesuai dengan ketentuan.

Artikel ini disusun oleh Moh. Sukron dan diedit oleh Mahrus Sholih.