Pengamat: Prabowo-Gibran Kunci Demokrasi Kembali ke Tangan Rakyat

by -76 Views

Jakarta – Pengamat politik Igor Dirgantara menilai keunggulan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam pilpres 2024 adalah bukti baiknya proses demokrasi Indonesia yang dilakukan melalui pemilu.

Menurut Igor, hal ini disebabkan oleh kesetiaan dan konsistensi Prabowo yang pernah kalah dalam dua pertarungan pilpres pada tahun 2014 dan 2019, namun tetap berjuang melalui jalur demokrasi dengan ikut serta dalam pemilu kembali pada 2024.

“Akhirnya, dalam pemilu 2024 Prabowo bisa menikmati hasil dari perjuangannya. Meskipun melelahkan, namun hasilnya manis melalui jalur konstitusional. Ini menunjukkan bahwa Prabowo saat ini adalah Man of The Moment yang dipilih secara demokratis oleh rakyat sebagai Presiden 2024-2029,” jelas Igor kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/3).

Igor juga mencatat pernyataan Prabowo setelah kemenangan dalam pilpres 2024 bahwa proses demokrasi di Indonesia memang melelahkan dan membutuhkan biaya besar, namun hal ini harus terus dilakukan dan ditingkatkan kualitasnya.

“Prabowo paham bahwa demokrasi di Indonesia memerlukan biaya yang besar. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan tegas setelah kepemimpinan Jokowi untuk mengembalikan demokrasi ke tangan rakyat, bukan ke tangan pemodal,” kata Igor.

Igor tidak khawatir dengan kepemimpinan Prabowo-Gibran karena Prabowo sendiri mengerti pentingnya adanya sistem check and balances sebagai tokoh nasional yang sudah lama berada di luar pemerintahan.

“Ini adalah faktor kunci mengapa Prabowo siap mendengar kritik dan menghargai posisi oposisi ketika menjadi pemimpin baru Indonesia,” tambahnya.

Igor memprediksi bahwa demokrasi Indonesia akan menjadi lebih baik di masa depan di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran karena keduanya telah melalui proses demokrasi yang tidak instan dan tidak hanya bergantung pada popularitas semata.

“Prabowo adalah contoh positif bagaimana membangun partai dari awal, bukan hanya menjadi pelarian, bukan hanya sekedar petugas partai, lebih lagi bukan sekedar karyawan partai. Prabowo menyadari bahwa pilar utama dalam demokrasi adalah partai politik,” tambahnya. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/pengamat-prabowo-gibran-kunci-demokrasi-kembali-ke-tangan-rakyat/

Source link