Penggodokan Tata Tertib DPRD Sidoarjo Sudah Memasuki Tahap Akhir, Siap Diajukan kepada Gubernur Jawa Timur

by -186 Views
Politik
Pembahasan Tatib DPRD Sidoarjo Hampir Rampung, Siap Diajukan ke Gubernur Jatim

Ketua Sementara DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih dan Wakilnya Suyarno. (Foto: Amrizal/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO – Setelah dilantik pada 21 Agustus 2024, sebanyak 50 anggota DPRD Sidoarjo bekerja keras menuntaskan tugas-tugas mereka. Sabtu (28/9/2024).

Salah satu pekerjaan yang hampir rampung adalah pembahasan Tata Tertib (Tatib) yang akan menjadi pedoman kerja DPRD Sidoarjo periode 2024-2029.

Pembahasan tersebut sudah mencapai kata sepakat hingga 99 persen dari keseluruhan isi Tatib dan segera diajukan kepada Gubernur Jawa Timur untuk mendapatkan persetujuan.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Sementara DPRD Sidoarjo, Suyarno, saat dikonfirmasi mengenai perkembangan pembahasan Tatib baru untuk periode 2024-2029.

“Semua fraksi sudah menyetujui poin-poin utama yang tercantum dalam Tatib. Bisa dikatakan bahwa Tatib baru DPRD Sidoarjo sudah final, tinggal menunggu persetujuan dari Gubernur Jawa Timur. Draf Tatib memang harus mendapatkan persetujuan dari Provinsi Jawa Timur,” ujar Suyarno pada Jumat 27 September 2024 kemarin.

Jika ditelaah lebih mendalam, menurut Suyarno, pembahasan tatib hanya dibutuhkan satu kali pertemuan lagi untuk menyelesaikan pembahasan draf dari awal hingga akhir.

“Prinsipnya, dalam Tatib baru DPRD Sidoarjo, tidak ada perubahan substansial pada poin-poin draf. Hanya penyempurnaan dari Tatib periode 2019-2024,” ungkapnya.

Kemungkinan besar, setelah satu kali rapat lagi, draf ini akan langsung dikirim ke Gubernur Jawa Timur. Semua tahapan penyusunan Tatib baru ini pun sudah sesuai dengan regulasi, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tata Tertib Dewan.

Di waktu sama, Ketua Sementara DPRD Sidoarjo, Abdillah Nasih, menegaskan bahwa pihaknya telah menjalankan program kerja secara optimal.

“Seluruh anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo saat ini tengah mempercepat penyusunan draf Tatib baru yang akan menjadi landasan kerja bagi anggota DPRD periode 2024-2029,” ujar Abdillah Nasih.

Berbagai rapat intensif terus dilakukan untuk merumuskan peraturan yang lebih relevan dengan dinamika pemerintahan saat ini.

“Penyusunan Tatib ini sangat krusial untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja DPRD. Kami berupaya memastikan setiap anggota dewan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik serta penuh tanggung jawab,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih